Selasa, 17 April 2012

Kamus Bahasa Muna Segera Terbit


RAHA, KE - Ingin belajar Bahasa Muna secara paripurna? Selain belajar lisan, mungkin kamus yang satu ini bisa menjawab semua itu. Kosa kata yang berhasil dimuat kamus ini mencapai 15.000. Kamus ini dibuat La Ode Sirad Imbo, seorang tokoh masyarakat Muna. Lima tahun ia membuat kamus pertama bahasa Muna yang bisa dibilang paling lengkap. Dalam waktu dekat, kamus itu akan di launcing.

"Paling lambat, dua pekan depan, kamus akan sampai ke Muna. Tahap awal, pihak percetakan akan mencetak sekitar 2.000 buku," kata Sirad, Senin (5/3). Kelebihan kamus terletak pada kosa kata. Ribuan bahasa Muna yang tidak didapatkan dalam percakapan sehari-hari, bisa diperoleh dalam kamus ini.

Meski belum resmi diedarkan, buku ini mulai banjir pesanan. Bahkan Unesco--sebuah badan dunia bidang kebudayaan, terutama soal pelestarian budaya bahasa dunia--mulai tertarik dengan kamus itu.

Unesco, menurut Sirad, akan membeli hak paten kamus itu. Dikabarkan, akan ditranslate ke enam bahasa dunia yakni Inggris, Prancis, Jerman, Belanda, Jepang, dan Korea atau China. "China dan Korea masih tanda tanya. Tapi, dua negara itu, juga berminat menerjemahkan kamus ini. Unesco akan mencetak sekitar 200 ribu eksemplar dan dijual ke enam negara itu," jelas Sirad.

Kamus terbitan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Unhalu itu terdiri dari 800 halaman. Menurut Sirad, sangat tidak mudah mengumpulkan 15 ribu kata lalu dihimpun dalam sebuah buku. Mengumpulkan kata demi kata itu, Sirad mengaku punya cara tersendiri.

"Saya ambil semua kata dalam kamus bahasa Indonesia, lalu saya terjemahkan dalam bahasa Muna. Jika ada kata baru yang tidak ada artinya dalam bahasa Muna, maka saya cari penjelasan di  enslikopedia. Saya simpulkan, lalu cantumkan bahasa Muna. Contoh, pariwara dan pariwisata. Dua kata ini tak ada dalam bahasa Muna. Pariwara =Parimbona atau Rindowala. Sementara Pariwisata = Mpaliligi. Itu contoh dua kata. Masih banyak lagi kata lain yang baru muncul belakangan. Semua bisa diperoleh dalam kamus ini," tambahnya. (r3/b/iis)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar